Sabtu, 11 Mei 2013

Sudah tahu kereta api kan? Yups transportasi satu ini memang sudah menjadi bagian dari kebutuhan transportasi bagi masyarakat, baik didalam negeri maupun luar negeri.

Namun melihat kondisi kereta api indonesia, bisa dibilang minim fasilitas. Padahal fasilitas yang cukup bisa membuat para penumpang kereta api di indonesia akan merasa nyaman, kalo begitu kan orang-orang bakal banyak yang naik kereta tuh, insya Allah kurangin kemacetan, contohnya kereta api jarak jauh khususnya jenis ekonomi sejak 68 tahun yang lalu tidak menggunakan AC atau Air Conditioner. Justru berbeda dengan yang dirasakan presiden, kereta yang ditumpangi presiden untuk keperluan dinasnya, mempunyai fasilitas yang dibilang mewah. Namanya juga presiden gan:D

Sejak setahun lalu, Kementrian Perhubungan telah meluncurkan kereta khusu perjalan dinas VVIP. kereta ini dirancang dan dikelola bukan oleh PT Kereta Api Indonesia melainkan oleh PT Industru Kereta Api disingkat INKA di Madiun, Jawa Timur. Kereta ini pastinya banyak fasilitas khusus, contoh bagian kacanya saja tahan terhadap tembakan senapan.

Kereta dinas yang digunakan untuk keperluan dinas pejabat setara presiden dan menteri ini dibangun sebanyak 4 gerbong, berikut ini ane kasih liat ada fasilitas apa aja didalamnya:

Pertama Ruang Rapat Mewah

Ruang rapat ini mempunyai ruangan yang luas, memungkinkan presiden atau menteri memimpin rapat dalam kondisi kereta jalan. Dilengkapi fasilitas layar dan kursi yang nyaman, membuat rapat akan terasa nyaman apalagi ditambah dengan pemandangan di luar kereta. Saat rapat, kondisi penumpang di dalamnya akan tetap terjaga karena kaca kereta dirancang anti tembakan. Pada kereta khusus rapat ini juga terdapat fasilitas karaoke. Bisa nyanyi dah tuh para menteri dan bapak presiden.

Kedua Kamar Tidur Ala Hotel

Kereta dinas milik Kementerian Perhubungan ini, dilengkapi kamar tidur khusus seperti layaknya disebuah hotel. Kamar ini, membuat pejabat setingkat presiden atau menteri bisa beristirahat sejenak saat perjalanan. Sambil beristirahat, penumpang bisa menikmati pemandangan di luar kereta. Selain tempat tidur VVIP, terdapat pula tempat tidur khusus bagi para kru yang terdapat pada di gerbong berbeda.

Ketiga Toilet Sekelas Hotel

Selain fasilitas tempat tidur, kereta dinas ini, dilengkapi fasilitas toilet dan kamar mandi super nyaman. Layaknya fasilitas kamar mandi di hotel, terdapat wc duduk dan pancuran mandi yang nyaman.

Keempat ada Kafetaria

Kereta dinas ini, sangat memanjakan orang di dalamnya. Terdapat fasilitas kafetaria yang membuat para penumpang di dalamnya bisa bersantai sambil menikmati perjalan di kereta. Selain itu, terdapat tempat duduk yang nyaman sehingga membuat para penumpang bisa minum secangkir kopi sambil bersantai.

Kelima Bagasi ala Pesawat

Kereta ini, tak tampak seperti sebuah kereta pada umumnya. Layaknya sebuah pesawat terbang, pada kereta tertentu terdapat fasilitas bagasi di atas. Ditambah lagi, interiror kereta yang membuat kesan sebuah kereta menjadi hilang.

Terakhir CCTV dan Kaca Anti Peluru

Kereta ini juga dilengkapi fasilitas keamanan super canggih. Di luar kereta terdapat beberapa CCTV atau kamera pengawas, yang bisa memantau kondisi di luar kereta. Selain kamera, secara keamanan, kereta ini dilengkapi fasilitas kaca yang tahan terhadap tembakan atau peluru.

Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar